Laman

Minggu, 30 September 2012

Prosedur Pembayaran Pajak Bermotor

Pagi ini sabtu 4 february saya beserta suami pergi ke Samsat Gedung Baru untuk mengurus perpanjangan pajak motor. Sengaja kami berangkat pagi-pagi agar mendapatkan antrian awal. Ternyata suami lupa untuk menfoto copy berkas yang akan diajukan sebagai prasyarat pembayaran pajak tahunan. Alhasil kita harus Foto copy berkas. Letak toko fotocopy di kantor samsat cilegon berada di belakang gedung samsat. Kita hanya memberikan STNK, BPKB motor dan KTP asli, maka abang fotocopy dengan sigap mengopy STNK tersebut sesuai dengan syarat pengajuan bayar pajak #tidak usah bingung harus berapa kali foto copy, karena abang fotocopy sudah hapal diluar kepala# hanya dengan 3000 berkas foto copy selesai dan dapat plastic STNK baru.
Biasanya saya tidak pernah ikut membayar pajak kendaraan, Cuma kata suami “harus belajar, biar tahu, jangan maunya terima beres, nanti motor si mbah mama yang bayar, kan mama yang pake”. Nah, makanya saya buat postingan ini agar saya ingat caranya untuk bulan agustus pembayaran pajak motor si mbah.
Loket pembayaran pajak tahunan dan 5 tahun ada di lantai 2.
Berikut saya gambarkan skema pembayaran.
13283244501404800410
(atas) Alur (bawah) loket no 1
Pada loket No 1, di sana tertera pengumuman bahwa waktu pembayaran pajak 30 menit. Wah, saya senang donk, ternyata tidak lama untuk melakukan pembayaran pajak motor. Ingat, STNK harus dikeluarkan dari plastiknya, agar mempermudahkan petugas melakukan tugasnya. Jika ada yang KTPnya tidak asli dan berkas belom difotocopy maka petugas tidak mau menerima pendaftaran kita. Dari Loket satu kita dapat nomer dan copy STNK, BPKB dan fotocopy.
13283247551397574744
Berkas dari Loket 1
Nah, dari loket satu kita menunggu dulu berkas kita di proses. lalu kita akan di panggil sesuai nomor antrian oleh petugas Loket 2 untuk mendapatkan berkas / map laporan kita, beserta kertas kwitansi yang tertera berapa jumlah yang kita bayar.
1328325300971956439
(Atas) Pengambilan berkas di loket 2 (bawah) jumlah yang harus disiapkan di depan kasir
Berkas / Map dari Loket 2, kita berikan kepada Loket 3 / Kasir untuk di proses. Tunggu kurang lebih 10 menit maka kita akan dipanggil untuk menbayar pajak motor kita, dan menerima copy pembayaran. Petugas kasir akan menyuruh kita menunggu di loket 4 untuk pengambilan STNK.
1328325394680431007
Loket 3 (penyerahan Map dan Pembayaran) Kasir
Setelah membayar di kasir, kita tunggu di depan loket 4 untuk mendapatkan STNK dan Bukti pembayaran pajak motor kita, Nah, disini yang agak lama, karena petugas loket 4 harus mengambil STNK kita yang sudah di proses dari loket 3. kita menunggu kurang lebih 10 menit, tetapi belum ada yang di panggil. Akhirnya Ada pemanggilan 5 orang pertama yang harus menandatangani berkas penyerahan bukti pajak sebelum menerima yang aslinya.
1328325852277728010
Loket 4 Tandatangan dan menerima STNK dan bukti pajak
Selama saya menunggu untuk dipanggil dan mengambil STNK dan bukti pajak, saya mendengar beberapa orang mengeluh tentang lamanya waktu pembayaran pajak dan prosedur yang banyak dibandingkan dengan gedung lama. Ya, sekarang kantor lama yang sempit sudah berganti dengan kantor baru yang luas. Dikantor lama skema pembayaran hanya 3 ( daftar-bayar-ambil). Tahun lalu suami saya bilang, tidak ada tuh menerimaan berkas /Map sendiri, biasanya langsung diurus oleh petugas ke loket kasir. Jadi kita langsung daftar, dipanggil untuk bayar dan menunggu di panggil untuk pengambilan STNK.
Setelah saya analisa, mungkin penambahan loket penyerahan berkas dikarenakan banyak orang yang pergi meninggalkan samsat untuk urusan yang lain karena ia berpikir pasti lama karena antrian bayak. Jadi dulu orang yang dipanggil tidak ada menimbulkan kesibukan tersendiri untuk petugas kasir karena harus menumpuk berkas STNK orang yang menghilang tadi. Jadi di gedung yang baru, orang memberikan  berkas/ Map ke petugas kasir, berarti orangnya ada dan bisa langsung bayar tanpa harus memanggil beberapa kali dan tidak menumpuk berkas/Map.
Akhirnya kita pulang setelah barada di samsat 50 menit. Selisih 20 menit dikarenakan ada petugas yang baru datang 8.15 padahal loket menunjukan pendaftaran di buka jam 08.00. Ya.. terlambat sepertinya memang budaya Indonesia Banget.
Nah, itu proses pembayaran pajak di cilegon, bagaimana di daerahmu? apakah lama? atau lebih cepat? kita share yuk.. Ingat, jangan pake orang dalam ya, DOSA hehehe
13283268941129348175
Awas Pungli dan Korupsi yang terpajang di Samsat
Selamat menikmati weekend yang cerah *dikotaku*

Sumber:  kompasiana

Tidak ada komentar: